Pengertian Globalisasi: Umum & Menurut Para Ahli

Pengertian Globalisasi: Umum & Menurut Para Ahli

Sadar atau tidak sadar sekarang kita berada di Era Globalisasi, dan saya yakin Anda tidak hanya pernah mendengar kata Globalisasi pertama kali ini. Apa itu globalisasi? mari kita bahas pengertian lengkap globalisasi umum dan pengertian globalisasi menurut para ahli.

Etimologi Kata Globalisasi
Istilah globalisasi diambil dari kata globalize atau global yang berarti umum atau universal, atau dalam bahasa inggrisnya globalization dari kata globe yang berarti dunia atau bumi. Dan ization (dalam inggris) yang berarti proses atau sasi yang berarti proses sehingga ketika dua kata ini digabungkan maka diperoleh arti proses mendunia atau proses sesuatu yang mendunia.
Bisa diartikan juga sebagai proses penyebaran unsur baru baik berupa gaya hidup, informasi, pemikiran, maupun teknologi secara mendunia.
Kemajuan infrastuktur telekomunikasi dan transportasi, kemunculan internet, semakin canggih teknologi merupakan faktor utama dalam Globalisasi yang semakin mendorong saling ketergantungan aktivitas budaya dan ekonomi.

Pengertian Globalisasi Secara Umum

Pengertian globalisasi secara umum yaitu suatu proses mendunia atau menyeluruh dimana setiap orang tidak mengenal atau terikat oleh batas-batas wilayah negara, artinya setiap individu dapat berhubungan dan bertukar informasi kapanpun dan dimanapun melalui media cetak maupun elektronik.

Intinya globalisasi bisa membuat suatu negara lebih kecil karena kemudahan komunikasi antar negara di berbagai bidang, membentuk suatu kehidupan baru yang lebih bersatu karena seolah-olah tanpa adanya sekat antara batas geografis, budaya, dan ekonomi.

Tidak heran apabila globalisasi merupakan jalan pertukaran budaya dan hubungan sosial ekonomi tanpa memandang status sosial, maupun perkembangan yang terdapat di dalamnya. Berikut ini pengertian globalisasi dari para ahli.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Menurut Selo Soemardjan
Globalisasi adalah suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia, tujuannya untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama. Contoh nya terbentuknya Perserikatan Bangsa-Bangsa
Menurut Achmad Suparman
Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dari setiap individu yang ada di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah.
Menurut Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan
Globalisasi adalah proses yang mencangkup penyebab, kasus, dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural aktivitas manusia dan non-manusia.
Menurut Scholte
Globalisasi adalah berkembangnya hubungan internasional. Dalam hal ini setiap Negara tetap mempertahankan identitas masing-masing, tetapi menjadi semakin ketergantungan satu dengan yang lain.
Menurut Thomas L. Friedman
Globalisasi mempunyai dimensi idiologi dan teknologi, dimensi teknologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi adalah teknologi informasi yang telah menyatukan dunia.
Menurut Anthony Giddens
Globalisasi adalah intensifikasi (percepatan) hubungan sosial seluruh dunia atau secara mendunia yang mengaitkan kejadian dilokasi yang satu dengan yang lain serta menyebabkan timbulnya perubahan pada keduanya.
Menurut Princenton N. Lyman
Globalisasi adalah perkembangan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antara Negara- Negara di dunia dalam hal perdagangan dan keuangan.
Menurut Laurence E. Rothenberg
Globalisasi adalah percepatan (laju) dan intensifikasi, interaksi, dan integrasi antara orang-orang perusahaan, pemerintah, dan dari Negara yang berbeda.
Menurut Malcom Waters
Globalisasi adalah suatu proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis di keadaan sosial budaya menjadi kurang penting yang terwujud di dalam kesadaran orang.
Menurut Emanuel Ritcher
Globalisasi adalah jaringan kerja global secara beriringan memadukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terpencil ke dalam saling bergantung dan persatuan dunia
Menurut Martin Albrown
Globalisasi adalah proses dimana penduduk dunia terhubung ke dalam komunitas dunia tunggu, komunitas global.
Itulah pengertian globalisasi yang kami rangkum dari beberapa sumber, kami harap semoga bermanfaat untuk menyelesaikan tugas sekolah, makalah, atau hanya penambah pengetahuan kamu.

Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Globalisasi
http://www.zonasiswa.com/2014/05/pengertian-globalisasi-lengkap.html

Share this:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments