Macam-Macam Bentuk Muka Bumi

Macam-Macam Bentuk Muka Bumi

Bumi yang kita huni ini memang tidak sepenuhnya berbentuk bulat serta mempunyai permukaan yang tidak rata alias mempunyai bentuk muka bumi yang bermacam-macam. Permukaan bumi ada yang berbentuk cembung dan adapun yang cekung, permukaan bumi cembung diantaranya gunung, bukit, ataupun pegunungan. Permukaan bumi cekung diantaranya danau, lembah, ataupun lautan.

Ada dataran rendah adapun dataran tinggi, keadaan tersebut bukan hanya terdapat di daratan. Di lautan juga terdapat lembah yang dalam (palung laut), gunung laut, punggung laut, lubuk laut, dan lainnya. Sehingga relief permukaan bumi bermacam-macam, relief merupakan perbedaan tinggi rendah di permukaan bumi.

Bentuk Muka Bumi di Daratan


Penjelasan:
  1. dataran tinggi
  2. jurang
  3. ngarai
  4. lembah
  5. sungai
  6. danau
  7. dataran rendah
  8. pegunungan
  9. bukit
1. Dataran Tinggi (Plato)
Dataran tinggi merupakan tanah datar yang tinggi dengan ketinggian ratusan - ribuan meter di atas permukaan air laut. Daerah yang menonjol ke atas lebih tinggi daripada daerah yang berada di sekitarnya dan di puncaknya datar maka disebut plato. Plato bisa saja berada di dataran tinggi atau dataran rendah.

2. Jurang
Lembah yang dalam, sempit, dan mempunyai dinding yang curam disebut jurang. Tentunya Anda sudah mengetahui bagaimana bentuk jurang ketika sedang menaiki gunung atau lainnya.

3. Ngarai
Ngarai merupakan lembah yang dalam dan luas terletak di antara dua dinding. Contohnya jika ada pernah ke Ngarai Sianok di Sumatra Barat, atau Ngarai Kalipanur di Jawa Tengah.

4. Lembah
Lembah merupakan bentuk muka bumi yang ber relief cekung dan umumnya dikelilingi gunung atau pegunungan bahkan bisa berupa bagian tepi sungai. Lembah juga dikenal sebagai bagian kaki atau bawah gunung atau tepi sungai.

5. Sungai
Sungai merupakan aliran air yang besar dan memanjang dan mengalir terus-menerus dari sumber (hulu) ke muara (hilir). Anda juga pasti sudah tahu dengan jelas apa itu sungai dan bagaimana bentuknya

6. Danau
Danau merupakan cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi air, bisa air tawar maupun air asing. Dan disekitar cekungan itu dikelilingi oleh daratan. Kebanyakan danau digenangi oleh air tawar serta banyak berada di belahan bumi utara di ketinggian yang lebih atas.

7. Dataran Rendah
Dataran rendah merupakan bagian dari permukaan bumi berbentuk datar dan rendah dengan ketinggian 0 sampai 200 meter di atas permukaan air laut. Dataran rendah menjadi pusat pemukiman penduduk dan biasanya mempunyai tanah yang subur.

8. Gunung
Gunung merupakan bentuk muka bumi yang menonjol tinggi ke atas seperti bentuk kerucut. Ada gunung berapi aktif ada pula gunung berapi yang tidak aktif. Gunung tersusun dari 3 bagian, yaitu:
  • Puncak gunung (bagian atas)
  • Lereng gunung (bagian tengah)
  • Kaki gunung (bagian bawah)
Ada bagian dari gunung yang disebut lereng. Berdasarkan kemiringan nya, lereng gunung digolongkan menjadi 3 bagian, yaitu:
  • Lereng landai (kemiringan nya < 45°)
  • Lereng curam (kemiringan nya > 45°)
  • Lereng tegak atau dinding (kemiringan nya = 90°)
9. Pegunungan
Pegunungan merupakan daerah yang terdiri dari rangkaian gunung yang memanjang dengan ketinggian 200 meter sampai ribuan meter di atas permukaan air laut. Pegunungan timbul karena proses patahan dan lipatan karena pengaruh tenaga endogen. Berdasarkan ketinggian pegunungan digolongkan menjadi 3 bagian yaitu:
  • Pegunungan tinggi, ketinggian lebih dari 1500 m.
  • Pegunungan menengah, ketinggian antara 500-1500 m.
  • Pegunungan rendah, ketinggian antara 200-300 m.
10. Perbukitan
Perbukitan merupakan bentuk muka bumi yang tinggi memanjang tersusun dari bukit-bukit dengan ketinggian 20 - 300 meter. Perbukitan mirip dengan pegunungan, hanya saja mempunyai ketinggian yang lebih rendah.

11. Depresi Kontinental
Depresi Konstinental merupakan bagian tanah daratan yang mempunyai ketinggian di bawah permukaan air laut. Di Negara kita tidak terdapat depresi kontinental, salah satu contoh kotanya yaitu Amsterdam, Belanda.

Bentuk Muka Bumi di Lautan

Bentuk muka bumi di lautan bermacam-macam, tetapi sayangnya tidak bisa kita lihat langsung karena keberadaannya yang dibawah permukaan air.

Keterangan:
  1. bukit laut
  2. gunung laut
  3. palung laut
1. Punggung Laut
Punggung laut merupakan bukit di dasar laut yang tidak sampai muncul ke permukaan laut. Punggung laut jika muncul ke permukaan laut maka akan menjadi pulau.

2. Gunung Laut
Gunung laut merupakan gunung yang muncul ke permukaan laut dengan letak kaki gunung berada di dasar laut.

3. Pulau Karang
Pulau karang merupakan pulau yang tersusun atas batu karang baik sebagian atau sepenuhnya. Batu karang terbentuk dari binatang karang yang telah mati serta bertumpuk-tumpuk.

4. Dangkalan/Shelf/Paparan Benua
Merupakan laut dangkal yang luas dengan kedalaman kurang dari 200 meter, kepanjangan dari benua atau daratan pulau.

5. Ambang Laut
Ambang laut merupakan dasar laut yang dangkal dan memisahkan dua lautan dalam.

6. Lubuk Laut atau Beken
Lubuk laut atau beken merupakan dasar laut yang membentuk cekungan besar, lebar, dan dalam. Bentuknya mirip baskom.

7. Palung Laut atau Trog
Palung  laut atau trog merupakan dasar laut yang dalam, curam, sempit, dan memanjang, karena retakan di dasar laut. Trog atau palung laut adalah bagian dasar laut yang paling dalam.

Sebetulnya pembahasan diatas hanya sebagian dari bentuk-bentuk muka bumi dan insyaAllah Yuksinau.com akan membahas tentang proses pembentukan relief permukaan bumi sekaligus tenaga endogen beserta tenaga eksogen di kemudian hari.

Share this:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments