Bunyi, Rumus, Penerapan Hukum Pascal

Bunyi, Rumus, Penerapan Hukum Pascal

Hukum Pascal - Nama hukum ini diambil dari orang yang melakukan eksperimen yaitu Blaise Pascal, melakukan percobaan tentang air dan menyatakan bahwa air keluar lebih deras dan lebih jauh lewat lubang pada wadah yang permukaan atasnya terbuka, dibandingkan dengan wadah yang permukaan atas ditutup, hal ini dikenal dengan prinsip pascal. Hal ini disebabakn oleh tekanan air yang lebih besar pada wadah yang terbuka.

Pertanyaannya, mengapa tekanan air pada dasar wadah terbuka bisa lebih besar dibandingkan dengan wadah dengan permukaan tertutup? Itu karena wadah tertutup hanya terdapat tekanan air yang bergantung pada massa jenis air, kedalaman air dari permukaan, dan percepatan gravitasi.

Sedangkan pada wadah terbuka, selain tekanan air yang bergantung pada massa jenis air, kedalaman air dari permukaan, dan precepatan gravitasi, ada juga tekanan udara yang bekerja pada permukaan air tersebut, ini yang menjadi penyebabnya.

Bunyi Hukum Pascal

Hukum atau prinsip pascal menyatakan bahwa
"Tekanan yang diberikan zat cair dalam ruang tertutup diteruskan ke segala arah dengan sama besar"
Hukum Pascal adalah penerapan dari konsep tekanan dalam suatu zat cair. Mungkin Anda pernah menemui ayah atau tukang montir mengganti sebuah ban dan harus mengangkat sebuah mobil, tentunya untuk mengangkat mobil dibutuhkan alat sebagai pendukung yaitu sebuah dongkrak. Nah prinsip kerja dongkrak bisa kita pelajari di Hukum Pascal.

Rumus Hukum Pascal

Jika di penghisap 1 diberi gaya tekan F1, maka tekanan yang diciptakan P1 = F1 : A1 menurut hukum pacal. Tekanan ini akan diteruskan lewat zat cair ke bejana 2 sehingga penampang bejana 2 (A2) memperoleh gaya tekan F2 = P1 A2 = F1 : A1 x A2

Keterangan:
  • P = tekanan yang diteruskan (N/m2)
  • F1 = gaya tekan pada bejana I (N)
  • F2 = gaya tekan pada bejana II (N)
  • A1 = luas penampang bejana I (m2)
  • A2 = luas penampang bejana II (m2)
Berdasarkan rumus tersebut gaya F2 dipengaruhi oleh luas masing-masing permukaan bejana. Jika permukaan bejana lebih besar, pastinya gaya yang diciptakan juga lebih besar. Yuksinau.com sajikan contoh soal hukum pascal juga berikut ini.

Contoh Soal Hukum PascalSatu buah alat pengangkat mobil memakai luas penampang penghisap kecil 10 cm2 dan penghisap besar 50 cm2. Berapa gaya yang harus diberikan sehingga bisa mengangkat sebuah mobil 20.000 N?

Diketahui:
  • A1 = 10 cm2
  • A2 = 50 cm2
  • F2 = 20.000 N
Ditanyakan: f1…………………..?
Jawab:
Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa dengan gaya 4000 N kita bisa mengangkat sebuah mobil dengan gaya 20.000 N. Nah terus apa sajakah penerapan hukum pascal di kehidupan sehari-hari? berikut ini contoh penerapan hukum pascal.

Penerapan Hukum Pascal

1. Dongkrak Hidrolik


Gambar diatas menunjukkan skema dongkrak hidrolik yang terdiri dari:
  • 2 bejana yang berhubungan dan terbuat dari bahan yang kuat (contoh: besi)
  • Penghisap kecil dan besar
  • Minyak pengisi bejana
Jika Anda pernah melihat seseorang mengganti ban mobil, bagian mobil harus diganjal agar badan mobil tidak miring, untuk itu manusia memanfaatkan dongkrak hidrolik

2. Rem Hidrolik
Pernahkah Anda tahu bahwa sistem rem pada mobil menggunakan hukum pascal, pasalnya apabila tidak menggunakan hukum ini maka untuk menghentikan laju mobil akan dibutuhkan tenaga yang besar.

Dengan hukum pascal ini, pengemudi mobil cukup memberikan gaya kecil untuk mengurangi laju kendaraan, gaya ini diteruskan oleh minyak lewat pipa sehingga memberikan gaya yang lebih besar pada rem yang terletak di ban mobil.
3. Mesin Hidrolik Pengangkat Mobil
Penerapan hukum pascal juga digunakan untuk mengangkat mobil di tempat pencucian mobil, cara kerjanya sama dengan dongkrak hidrolik.

4. Pompa Sepeda

Terdapat 2 jenis pompa sepeda yaitu pompa sepeda biasa dan pompa sepeda hidrolik, kita akan lebih mudah memompa ban sepeda dengan menggunakan pompa hidrolik karena hanya membutuhkan sedikit tenaga.

5. Mesin Pengepres Kapas (Kempa)


Selain dongkrak hidrolink, rem, pompa, penerapan hukum pascal juga terdapat di mesin pengepres kapas (kempa) untuk mendapatkan ukuran yang cocok disimpan dan disebarluaskan. Cara kerjanya yaitu gaya tekan yang dihasilkan oleh pompa yang menekan penghisap kecil, sehingga penghisap besar bergerak ke atas dan mendorong kapas, sehingga kabas akan mampat.

Itulah bunyi hukum pascal dan rumus beserta penerapan hukum pascal dalam kehidupan sehari-hari. Jika ada yang masih ditanyakan sampaikan saja lewat kotak komentar.

Referensi:
https://sumadewiblog.wordpress.com/tekanan/hukum-pascal/
https://id.wikipedia.org/wiki/Hukum_Pascal

Share this:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments