Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia

Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia

Negara Indonesia mempunyai corak budaya yang sangat kaya, bayangkan saja terdapat berbagai macam agama, suku, kebiasaan yang ada di Negara ini. Tak heran jika masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat multikultural (memiliki latar belakang budaya yang beragam) serta rasa persatuan dan kesatuan bangsa yang tidak boleh diremehkan.

Isu-isu SARA yang belakangan ini sangat marak terjadi dan bahkan bisa menggoyahkan persatuan dan kesatuan Bangsa, maka dari itu kita harus menyikapi nya secara bijak agar tidak terjadi perpecahan dalam kesatuan dan persatuan Bangsa serta tidak akan merugikan orang lain.

Pengertian Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia

  • Persatuan berasal dari kata satu yang artinya tidak terpecah-belah atau utuh. Jadi arti persatuan yaitu bersatunya bermacam-macam aneka ragam kebudayaan menjadi satu yang utuh dan serasi.
  • Kata Indonesia sendiri mengandung 2 pengertian, dari segi geografis dan segi bangsa
Dari segi geografis, Negara Indonesia membentang dari 95 derajat - 141 derajat Bujur Timur dan 6 derajat Lintang Utara - 11 derajat Lintang Selatan (Dari sabang - merauke). Indonesia dalam arti luas yaitu seluruh rakyat yang merasa satu nasib dan se-penanggungan yang tinggal di wilayah ini.

Persatuan Indonesia adalah persatuan bangsa yang tinggal di wilayah Negara Indonesia, didorong untuk mencapai kehidupan yang bebas dalam negara yang merdeka dan berdaulat.

Pembahasan mengenai persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dimulai sejak sekolah menengah pertama (kalau tidak salah), serta di sekolah menengah atas juga masih membahas tentang arti, makna, pengertian, prinsip persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia

Terdapat 3 makna penting di dalam persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia, yaitu:
  1. Rasa persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara satu dengan yang lain.
  2. Menjalin rasa kemanusiaan dan sikap saling toleransi serta rasa harmonis untuk hidup berdampingan.
  3. Menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap tolong menolong antar sesama, serta sikap nasionalisme.
Didapat kesimpulan bahwa makna dari sebuah persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia yaitu harus saling batu-membahu dalam mempertahankan, mengisi, dan merebut kemerdekaan.

Tahap utama pembinaan persatuan Bangsa Indonesia, yaitu:
  1. Perasaan senasib.
  2. Kebangkitan Nasional
  3. Sumpah Pemuda
  4. Proklamasi Kemerdekaan
Itulah makna persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia, untuk prinsip dan landasan hukum persatuan dan kesatuan bangsa, serta pengamalan nilai-nilainya akan kami bahas pada artikel berikutnya.

Share this:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments