Pengertian dan Konsep Berkarya Seni Rupa

Pengertian dan Konsep Berkarya Seni Rupa

Berkarya seni rupa adalah merealisasikan konsep seni dengan mengekspresikan nya dalam karya seni. Karena pada dasarkan kita sebagai manusia tentunya suka akan suatu hal yang indah dan unik. Bahkan sampai mengagumi sesuatu yang ada di alam sekitar, secara tidak langsung atau pun langsung. Keindahan dan keunikan itu dapat menimbulkan rasa senang, sedih, bahagia, dan haru.

Dimulai dari tahap ide atau gagasan sampai dengan wujud karya seni, semua tidak lepas dari hasil pengamatan dan interaksi dengan lingkungan sekitar atau pun pengalaman individu masing-masing. Nah, untuk menciptakan suatu karya seni lukis yang baik, ada berbagai hal yang harus diperhatikan.

Pengertian dan Konsep Berkarya Seni Rupa

1. Melakukan Pengamatan
Melakukan pengamatan mempunyai maksud untuk melaksanakan pengamatan terhadap realitas internal spiritual di dalam diri. Karena akan berkaitan dengan cita-cita, keinginan, dan lainnya. Untuk itu pengamatan sangatlah penting.

2. Menentukan Tema
Kemudian ketika proses pertama sudah dilakukan, kemudian tanyalah diri Anda pribagi bahwa kegiatan apakah yang paling kuat dan bisa untuk dituangkan dalam sebuah karya seni lukis. Sehingga ini akan menjadi tema dalam karya seni yang akan dibuat.

3. Membuat Sketsa
Setelah tema mengenai gambaran apa yang akan dilukis beres, maka buatlah sketsa dengan mengambilnya melalui ide yang ditemukan. Kepuasan dalam membuat karya seni lukis adalah ketika ide dapat diwujudkan dalam sebuah karya seni lukis.

4. Menganalisis Sketsa
Sketsa selesai dibuat, setelah itu diperlukan analisis dari aspek visual, konseptual, bahan baku seni, dan teknik yang akan digunakan. Setelah tahap ini dilakukan, maka ekspresi diri seharusnya sudah cukup penuh dan mulai tuangkan ekspresi tersebut di sebuah lukisan.

5. Menyajikan Karya
Nah setelah semua tahap selesai dilewati maka perlu penyajian karya seni lukis untuk memperlihatkan hasil karya yang telah dibuat dengan sebuah pameran. Sebelum lukisan dipamerkan, sebelumnya lukisan harus dibubuhi ringkasan konsep, pembuatan label (judul, tahun, media, nama pencipta, ukuran, foto karya seni), dan deskripsi visual.

Sehingga dengan mengetahui konsep berkarya seni rupa, kita akan lebih optimal dalam menciptakan berbagai karya seni lukis yang berkualitas baik. Terus berkarya dan kembangkan imajinasi!

Share this:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments