Pengertian, Hikmah, Perilaku Iman Kepada Allah

Pengertian, Hikmah, Perilaku Iman Kepada Allah

Iman kepada Allah merupakan rukun iman yang pertama dan memang sudah seharusnya 6 rukun iman wajib kita ketahui serta diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. InsyaAllah akan ada pembahasan mengenai 6 rukun iman secara lengkap di Yuksinau.com.

Kita harus yakin bahwa Allah adalah pemilik segala sesuatu, hanya Allah satu-satunya pencipta, hanya Allah lah yang berhak kita sembah, tidak ada sekutu bagi Allah. Untuk itu penting jika kita harus tahu tentang pengertian, hikmah, dan contoh perilaku beriman kepada Allah.

A. Pengertian Iman Kepada Allah

Iman secara bahasa berarti tashdiq (membenarkan). Secara istilah berarti "Keyakinan dalam hati, perkataan, amalan dengan anggota badan, bertambah dengan melakukan ketaatan kepada Allah dan maksiat berkurang".
Hal tersebut menurut para ulama salaf adalah unsur keimanan. Iman bisa berkurang dan bertambah, sebagaimana amal juga berkurang dan bertambah.

Lima karakter iman:
  1. Keyakinan hati
  2. Perkataan lisan
  3. Amal perbuatan
  4. Bisa bertambah dan,
  5. Bisa berkurang
“Agar bertambah keimanan mereka di atas keimanan mereka yang sudah ada.” - QS. Al Fath [48] : 4
Iman kepada Allah mencakup 4 perkara, yaitu:
  1. Iman tentang keberadaan (wujud) Allah.
  2. Iman tentang keesaan Allah dalam rubuiyah
  3. Iman tentang keesaan Allah dalam uluhiyah
  4. Iman terhadap asma’(nama) dan sifat-Nya
Barangsiapa yang tidak beriman kepada salah satu dari 4 perkara diatas maka dia bukan seorang mukmin.

B. Sifat-Sifat Allah

Dengan mengetahui sifat-sifat wajib dan sifat mustahil bagi Allah SWT., insyaAllah bisa menambah tingkat keyakinan kita terhadap sifat sempurna Allah yang tak terhingga.

Kita wajib mempercayai sifat kesempurnaan Allah, juga harus percaya terhadap sifat yang mustahil bagi Allah SWT. Kamu bisa melihat sifat-sifat wajib dan mustahil bagi Allah secara lengkap di wikipedia.

C. Hikmah Beriman Kepada Allah

1. Hati Menjadi Tenang
Salah satu hikmah beriman kepada Allah ialah tenang nya hati, hati menjadi tidak mudah goyah oleh ajakan nafsu jahat atau orang yang menyesatkan. (Lihat Surah Ar Ra'd ayat 28)

2. Mendapat Bimbingan dari Allah SWT
Orang yang beriman kepada Allah SWT akan mendapatkan bimbingan dari-Nya, sehingga insyaAllah apa yang dilakukan oleh orang beriman tersebut ialah berbagai macam perbuatan terpuji dan baik.

3. Mempunyai Rasa Kasih Sayang Yang Tinggi
Hikmah beriman kepada Allah dapat membuat diri mengingat orang lain, seperti anak yatim, fakir miskin, dan menghargai sesama muslim dan orang lain. Alhasil sikap, kasih sayang, jiwa sosial orang yang beriman kepada Allah sangat tinggi.

Dikarenakan orang beriman akan mempunyai jiwa rendah hati, sering melakukan amal saleh, menyayangi semua makhluk ciptaan Allah SWT, karena tidak ada satupun ciptaan-Nya yang sia-sia.

4. Diampuni Dosanya dan Mendapat Pahala Besar
Orang-orang dijamin akan diampuni dosanya dan memperoleh pahala yang besar karena ketaatan dan kepatuhan terhadap perintah dan larangan Allah SWT ketika berada di dunia. (Lihat Surah Al Maidah Ayat 9)

5. Diberi Kemudahan Hidup
Orang beriman diberi kemudahan dalam mencapai tujuan hidup, terutama bagi orang yang berpedoman kepada Al-Qur'an dan Hadist.

6. Tidak Akan Musyrik
Dengan mengetahui kebesaran dan keagungan Allah SWT, tidak mungkin seorang yang beriman akan berubah menjadi musyrik. Kecuali Allah berkehendak.

7. Rasa Syukur Bertambah
Allah SWT yang menciptakan segalanya, memberi nikmat yang sangat besar kepada kita. Sudah sangat sepantasnya jika kita terus dan semakin bersyukur atas segala karunia yang telah Allah berikan.

8. Ketaatan Kepada Allah Bertambah
Perintah dan larangan Allah SWT akan mudah dibedakan oleh seorang mukmin, dan apabila manusia patuh maka hasilnya hati akan selalu ingat kepada Allah.

9. Mendapat Kebahagiaan Sesungguhnya
Beriman dengan sungguh-sungguh kepada Sang Pencipta Segalanya membuat hati manusia yang beriman kepada Allah tenteram dan membuat manusia merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya. Berada lurus di jalan yang diridhoi oleh Allah SWT.

D. Contoh Perilaku Beriman Kepada Allah

Contoh perilaku bentuk keimanan kepada Allah SWT sebenarnya sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, hanya saja kita sadar atau tidak. Perilaku tersebut diantaranya:
  • Menjaga dan Melaksanakan Sholat
  • Memberi kepada orang lain sebagian rejeki yang diperoleh
  • Bersedekah di kala lapang maupun sempit
  • Tidak mudah marah
  • Mudah memaafkan kesalahan orang lain
  • Berhenti melakukan perbuatan keji dan bertaubat
  • Mempercayai 6 rukun iman, beriman kepada Allah, Malaikat, Kitab, Rasul, Hari Kiamat, Qodo dan Qodar.

Share this:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments