Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

Pada artikel ini kita akan secara khusus mengulas tentang pengertian interaksi sosial menurut para ahli berhubung pada artikel sebelumnya kita pernah membahas tentang Pengertian, Ciri, Syarat, Contoh interaksi sosial serta bentuk interaksi sosial.
Secara umum Interaksi Sosial adalah proses dimana seseorang menjalin kontak dan berkomunikasi dengan orang lain dan saling mempengaruhi satu sama lain dalam pikiran dan tindakan. Bumbu utama interaksi sosial adalah pengaruh timbal balik.

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli


Macionis: Interaksi Sosial adalah proses aksi (tindakan) dan reaksi (membalas tindakan) yang dilakukan oleh seseorang dalam berhubungan dengan orang lain.

Broom dan Selznic: Interaksi Sosial adalah proses aksi (tindakan) yang dilandasi oleh kesadaran adanya orang lain dan proses menyesuaikan tindakan balasan (respon) sesuai dengan tindakan orang lain.

Kimball Young dan Raymond W. Mack: Interaksi Sosial adalah hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antar individu, individu dengan kelompok, atau pun kelompok dengan kelompok lainnya.

Soerjono Soekanto: Interaksi Sosial adalah proses sosial tentang cara berhubung yang bisa dilihat jika individu dengan kelompok sosial saling bertemu lalu menentukan sistem dan hubungan sosial.

Gilin: Interaksi Sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis dan menyangkut hubungan antar individu dan kelompok atau antar kelompok.

Homans: Interaksi Sosial adalah suatu keadaan ketika suatu aktivitas (kegiatan) yang dilakukan oleh seseorang terhadap individu lain diberi ganjaran atau hukuman dengan memakai suatu tindakan oleh pasangannya.

Astrid. S. Susanti: Interaksi Sosial adalah hubungan antar manusia yang menciptakan hubungan tetap dan pada akhirnya memungkinkan pembuatan struktur sosial. Hasil interaksi sangat tergantung oleh nilai dan arti serta interpretasi yang diberikan pihak yang ikut terlibat dalam interaksi ini.

Bonner: Interaksi Sosial adalah suatu hubungan antar dua individu atau lebih yang saling mempengaruhi, mengubah, atau memperbaiki kelakuan individu lain atau sebaliknya.

Maryati dan Suryawati: Interaksi Sosial adalah kontak atau hubungan timbal balik dan tindakan balasan (respon) antar individu, antar kelompok atau individu dan kelompok.

Itulah pengertian interaksi sosial menurut beberapa ahli, semoga dengan berbagai pengertian yang dikemukakan oleh para ahli tersebut menambah pemahaman Anda tentang interaksi sosial.

Share this:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments