Prinsip Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Prinsip Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Mengenai persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia selain makna nya kita juga harus memahami prinsip-prinsip yang harus dicermati dan direnungi sehingga bisa mengamalkannya di dalam kehidupan kita sebagai warga negara Indonesia.

Selain itu landasan hukum persatuan dan kesatuan bangsa indonesia juga diperlukan guna mencegah roboh nya persatuan dan kesatuan bangsa yang selama ini sudah dibangun dengan susah payah dan melewati berbagai macam ujian yang cukup menggoncang keutuhan bangsa.

Prinsip-Prinsip Persatuan dan Kesatuan Bangsa

1. Prinsip Bhineka Tunggal Ika
Seperti yang kita ketahui bahwa bangsa kita sangat kaya akan budaya karena terdiri dari beragam bahasa, agama, suku, adat kebiasaan masyarakat. Prinsip ini mewajibkan kita bersatu dalam Bangsa Indonesia, dan seperti yang kita tahu bahwa Bhineka Tunggal Ika adalah semboyan bangsa Indonesia yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu.

2. Prinsip Nasionalisme Indonesia
Nasionalisme adalah sikap politik dari masyarakat yang mempunyai cita-cita dan tujuan yang sama, sehingga bangsa ini merasakan adanya kecintaan dan kesetiaan terhadap bangsa tersebut. Bukan berarti ketika kita mencintai bangsa ini, kita mendewakan bangsa sendiri.

Nasionalisme Indonesia tidak memaksa kita merasa lebih unggul daripada bangsa lain, tidak memaksakan kehendak terhadap bangsa lain, karena pandangan terhadap bangsa yang berlebihan (terlalu cinta dengan bangsa) akan menciptakan sesuatu yang cenderung tidak baik. Bertentangan dengan sila Pancasila pertama.

3. Prinsip Kebebasan yang Bertanggungjawab
Kebebasan yang bertanggung jawab berarti setiap orang diberikan kebebasan untuk bertindak dan bersikap sesuai dengan kemauannya, tentunya tanpa menyalahi Hak Asasi Manusia sehingga orang yang melakukan kebebasan tersebut harus bisa bertanggungjawab.

Sehingga akhirnya tidak sampai merugikan orang lain. Dan jika sampai merugikan orang lain maka harus berani menerima semua konsekuensi yang diperbuat.

4. Prinsip Wawasan Nusantara
Wawasan Nusantara adalah cara pandang beserta sikap bangsa Indonesia tentang diri dan bentuk geografis berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Dalam pelaksanaan wawasan nusantara, kesatuan wilayah dan bhineka tunggal ika sangat diutamakan guna mencapai tujuan nasional.

Fungsinya yaitu sebagai pedoman, dorongan, motivasi, dan rambu-rambu dalam menentukan keputusan, kebijaksanaan, sekaligus perbuatan baik bagi penyelenggara negara di tingkat daerah dan pusat bagi kehidupan di masyarakat, bangsa, dan negara.

5. Prinsip Persatuan Pembangunan untuk Mewujudkan Cita-Cita Reformasi
Kita sebagai warga Negara Indonesia harus mampu mengisi kemerdekaan dan melanjutkan pembangunan dengan stasiun akhir masyarakat yang adil dan makmur. Pembangunan nasional dimodali dengan rasa persatuan

Kesimpulan yang bisa kita dapat dari penjelasan diatas bahwa arti dan makna persatuan dan kesatuan, landasan hukum, dan prinsip-prinsipnya harus terus seperti rantai yang sambung menyambung sehingga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia akan terus terjaga.

Share this:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments