Indeks Buku: Pengertian, Bagian, Macam, Contoh

Indeks Buku: Pengertian, Bagian, Macam, Contoh

Dalam menciptakan sebuah buku haruslah tersusun dengan rapi dan berurutan. Salah satu yang harus ada di sebuah buku ialah Indeks buku. Karena terkadang di dalam buku terdapat istilah-istilah yang telah tersusun berdasarkan abjad, nah ketika akan mencari sebuah istilah maka akan dapat dengan mudah ditemukan dengan melihat indeks buku.

Jadi bisa dikatakan fungsi indeks buku yaitu untuk mencari berbagai istilah yang ada di sebuah buku. Tapi apakah kamu tahu pengertian, bagian-bagian, dan macam nya? jika belum mari kita belajar bersama. Kami sertakan contoh indeks buku agar lebih mudah memahami.

A. Pengertian Indeks Buku

Indeks adalah istilah atau kata penting yang tersusun berdasarkan abjad yang memberikan informasi mengenai nomor halaman tempat istilah atau kata tersebut ditemukan.
Biasanya indeks buku ditaruh di halaman akhir sebuah buku, berguna mempercepat pencarian istilah yang ada di dalam buku sehingga tidak perlu memerlukan waktu banyak untuk mencari sebuah istilah.

B. Bagian-Bagian Indeks Buku

Terdapat beberapa bagian yang ada di dalam indeks buku, yaitu indeks nama, indeks topik, perincian indeks topik, dan nomor halaman dimana letak rincian topik tersebut berada. Bagian tersebut lah yang membangun sebuah indeks buku.

Berikut ini penjelasannya:
  1. Indeks nama (pengarang), merupakan susunan atau kumpulan nama-nama orang dalam sebuah indeks.
  2. Indeks topik (subjek/istilah), merupakan kumpulan istilah atau subjek yang disusun berdasarkan abjad dimana istilah tersebut berada dalam buku atau bersangkutan dengan isi buku tersebut. Dalam sebuah buku geografi, indeks topik biasanya adalah istilah yang ada kaitannya dengan ilmu geografi.
  3. Perincian indeks topik, merupakan subjek atau istilah yang ada kaitannya dengan subjek yang ada dalam sebuah indeks topik.
  4. Nomor halaman, merupakan bagian indeks buku yang bertuliskan nomor-nomor halaman dimana sebuah sebuah menunjukkan letak istilah tersebut.

C. Macam-Macam Indeks Buku

Indeks dibedakan menjadi 2 yaitu indeks subjek dan indeks pengarang. Silahkan baca uraian dibawah ini untuk mengetahui perbedaan serta pengertian macam indeks buku ini.
  1. Indeks Subjek, berisi daftar istilah-istilah dalam buku.
  2. Indeks Pengarang, berisi daftar nama pengarang atau tokoh yang pendapat atau teorinya dikutip dalam buku yang bersangkutan.
Adapun aturan penulisan indeks pengarang:
  • Jika nama pengarang hanya terdiri atas satu kata maka nama pengarang ditulis apa adanya. Nama depan ditulis dengan huruf kapital.
  • Jika nama pengarang terdiri atas dua kata, maka nama kedua diletakkan di depan nama pertama; di antara nama kedua dan pertama diberi tanda koma.
  • Jika nama pengarang terdiri atas lebih dari dua kata, maka nama terakhir diletakkan di depan nama pertama dan kedua; setelah nama terakhir tersebut diberi tanda koma.
  • Nama kedua dan ketiga dalam penulisannya boleh disingkat salah satu atau keduanya.
  • Nama gelar sebaiknya tidak dicantumkan.

D. Contoh Indeks Buku


A
Abadi Husnu, 101
Abeba, A. Aris, 3
Achmad, Sri Wintala, 222
Bachri, Sutardji Calzoum, 233
Chudori, Leila S., 101
Donggo, A.D., 8
Gantang, I Gusti Putu Bawa Samar, 106

B
Bachri, Sutarji Colzoum, 31, 41, 54, 77, 87
Bachtiar, Toto Sudarto 22, 43, 44, 95, 99
Badudu, J.S., 40
Balada, 45-46, 48, 62-64

Sehingga ketika kamu sedang membaca buku dan ingin mencari suatu istilah sudah tidak perlu lagi bolak-balik halaman dan memerlukan banyak waktu karena hanya cukup buka indeks buku. Sekian penjelasan Yuksinau.com tentang pengertian indeks buku, bagian-bagiannya dan macam indeks buku beserta contohnya.

Referensi:
http://www.materikelas.com/2016/01/indeks-buku-pengertian-bagian-bagian.html
http://www.materikelas.com/2016/01/macam-macam-indeks-buku-dan-aturan.html

Share this:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments