Pengertian Verba Pewarta dan Contohnya

Pengertian Verba Pewarta dan Contohnya

Kamu mungkin masih asing mendengar judul dari artikel ini, sebenarnya apa sih verba pewarta itu? untuk itu tujuan kami kali ini akan menjelaskan hal yang masih membingungkan tentang kata kerja pewarta dan disertai dengan contohnya sehingga akan mempermudah pemahaman tentangnya.

Pada artikel Verba Transitif dan Intransitif yang sebelumnya kami bahas, telah kami paparkan apa pengertian dari verba atau kata kerja. Secara singkat, pengertian verba atau kata kerja adalah kelas kata yang menyatakan suatu tindakan, pengalaman, keberadaan, atau pengertian dinamis lainnya.

Pengertian Verba Pewarta

Verba Pewarta adalah kata yang dipergunakan untuk mengindikasikan suatu percakapan. Verba pewarta merupakan salah satu ciri kaidah kebahasaan teks berita, karena di dalam teks berita terdapat keterangan, verba pewarta dan verba transitif sebagai ciri kaidah kebahasaan nya.
Kata kerja pewarta mempunyai sifat mewartakan, contoh nya seperti mengatakan, memaparkan, menjelaskan, memberitakan, dan sejenisnya. Intinya sifat dari kata kerja ini yaitu memberitahu kepada orang lain, umumnya masyarakat luas.

Contoh Verba Pewarta

Untuk mempermudah penjelasan mengenai kata kerja pewarta yang digunakan dalam teks berita, kami menyertakan contohnya dengan kata dan kalimatnya, berikut ini:

Kata: Mengatakan
Kalimat: Dalam pidato Presiden Jokowi yang disiarkan melalui televisi, beliau mengatakan bahwa akan menurunkan harga bahan bakar minyak secepatnya. Sehingga rakyat tidak terlalu di bebani oleh harga bbm yang mahal.

Kata: Memaparkan
Kalimat: Presiden juga memaparkan perkembangan Indonesia yang saat ini sudah siap menghadapi tantangan dan persaingan.

Kata: Memberitakan
Kalimat: Ketika terjadi gerhana matahari 9 Maret 2016 di internet banyak sekali situs web yang memberitakan tentang proses terjadi gerhana matahari.

Semoga dengan penjelasan diatas mengenai pengertian verba atau kata kerja pewarta yang merupakan salah satu ciri kebahasaan teks berita, kamu bisa bertambah ahli dalam membuat teks berita yang akan diumumkan ke banyak orang. Jika ada yang masih bingung tentang penjelasannya, silahkan bertanya lewat komentar di Yuksinau.com ini.

Share this:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments