Teks Iklan: Pengertian, Struktur, Contoh

Teks Iklan: Pengertian, Struktur, Contoh

Hampir setiap hari kita menemui berbagai iklan yang menawarkan barang atau jasa yang ditawarkan melalui berbagai media seperti televisi, radio, internet, koran, maupun media lain. Dengan tujuan agar orang lain membeli atau menikmati barang atau jasa, untuk itu teks iklan harus mempunyai struktur dan kaidah kebahasaan yang benar, untuk itu kami akan sekaligus memberikan contoh teks iklan agar kamu lebih paham.

Pengertian Teks Iklan

Teks Iklan adalah salah satu media promosi yang sangat efektif untuk mempromosikan barang atau jasa kepada masyarakat yang dibuat se-menarik mungkin dengan tujuan agar masyarakat tertarik mengenali, membeli, atau menikmati barang atau jasa tersebut.
Iklan dapat disampaikan melalui media cetak (koran, majalah, dll), maupun elektronik (radio, internet, televisi,  dll).

Teks iklan juga bisa ditemui dalam bentuk brosur, spanduk, dan poster. Dengan tujuan menarik perhatian masyarakat, sehingga teks iklan adalah persuasif.

Iklan tidak selamanya mengenai hal komersil, bisa juga berisi tentang layanan masyarakat yang dibuat oleh instansi pemerintah atau swasta untuk mendukung program yang dilaksanakan.

Syarat Iklan:
  • Sesuai fakta (jujur) dan objektif
  • Singkat, jelas, padat, mudah dipahami
  • Tidak menyinggung pihak lain
  • Tepat sasaran
  • Kata-kata sopan, menarik, logis

Struktur Teks Iklan

Untuk membuat suatu iklan yang baik dan benar perlu diperhatikan 3 struktur teks iklan berikut ini:
  1. Judul yaitu bagian yang diletakkan dibagian paling atas dan dilihat pertama kali oleh orang, tetapi tidak semua iklan mencantumkan judul.
  2. Nama Produk/Jasa yaitu bagian yang berisi tentang nama produk atau jasa yang akan ditawarkan.
  3. Deskripsi yaitu bagian yang menjelaskan produk atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat, ditulis dengan menarik dan cara mendapat produk tersebut, alamat atau nomor yang bisa dihubungi.

Contoh Teks Iklan

Yuksinau.com akan berikan contoh teks iklan dalam bentuk gambar agar kamu lebih mudah mengerti, contoh teks iklan ini yaitu tentang produk pocari sweat, dimana di poster berikut pocari sweat menawarkan kelebihan-kelebihan yang terkandung di dalam minuman ini. Hmm menarik dan memikat bukan?


Setelah mengetahui struktur, syarat, dan contoh teks iklan diharapkan ketika kamu ingin membuat suatu iklan yang akan dipublikasikan melalui media cetak maupun elektronik, diharapkan iklan yang dibuat dapat mengikat minat dari masyarakat.

Referensi:
http://www.materikelas.com/2015/10/iklan-pengertian-fungsi-struktur.html
http://www.kelasindonesia.com/2015/09/pengertian-iklan-dan-contoh-teksnya.html

Share this:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments