Jenis dan Macam Berita (LENGKAP CONTOH)

Jenis dan Macam Berita (LENGKAP CONTOH)

Melanjutkan tentang bahasan kita sebelumnya mengenai teks berita lengkap, kali ini kita akan membahas lebih rinci lagi mengenai pembagian jenis-jenis dan macam-macam berita lengkap dengan contohnya.

Menurut Djuroto (2003: 38), jenis berita dilihat dari penyajiannya ada 3 macam, yaitu sebagai berikut:

1. Berita Selebaran

Berita selebaran dalam bahasa asing disebut news bulletin. Berita bulletin adalah berita yang disiarkan secara cepat atau kilat.
Biasanya berita yang bersifat hangat dan singkat, penyajiannya sangat terikat dengan waktu. Berita itu makin cepat disiarkan akan menjadi lebih baik. Adapun kategori dalam news bulletin antara lain:
  • Berita keras: Berita yang biasanya tidak menyenangkan. Contohnya tentang kekerasan, kesengsaraan.
  • Berita lunak: Berita yang menyenangkan. Contohnya pemberian gelar, keberhasilan seseorang, dan lain-lain.
  • Berita singkat: Berita yang memiliki nilai tinggi. Karena itu penyajiannya secara langsung hanya pada inti berita saja
  • Berita pendek: Berita yang amat penting dan menarik untuk diberitakan justru pada saat berita itu masih diperbincangkan masyarakat luas.
  • Berita sisipan: Berita yang memiliki nilai tinggi dan dinantikan oleh masyarakat luas.

2. Berita Majalah

Berita majalah adalah jenis berita yang penerbitan nya secara berkala dan teratur. Contohnya majalah mingguan, 2 mingguan, 1 bulanan. 
Adapun kategori yang masuk dalam berita majalah:
  • Feature: uraian berita dalam ruang lingkup satu pokok yang merupakan pendalaman tema tersebut, yang dilihat dari berbagai segi latar belakang perkembangan berita tersebut.
  • Human Interes: uraian berita mengenai sesuatu yang bisa menyentuh rasa kemanusiaan.
  • Berita Ringan: sama dengan human interes.
  • Berita Nyata: uraian berita yang secara sistematis mempunyai kepekaan dalam ruang lingkup yang sejenis dan tidak perlu terikat pada keadaan baru dan lamanya berita.
  • Analisis Berita: berita yang disusun atas dasar data dan fakta serta keseimbangan analisis tanpa ditambahi pendapat pribadi baik secara langsung maupun tidak langsung.

3. Berita Penerangan

Berita penerangan adalah berita yang mengandung penjelasan lebih lanjut dari suatu berita yang sudah disiarkan, atau penjelasan yang bertitik tolak dari berita yang sudah disajikan tetapi sangat terkait dengan waktu.

Jenis Berita yang Dikenal Di Dunia Jurnalistik

Jenis-jenis berita yang dikenal di dunia jurnalistik antara lain:
  1. Straight News: berita langsung, apa adanya, ditulis secara singkat dan lugas. Kebanyakan halaman depan surat kabar berisi straight news. Tergolong menjadi 2 macam:
    • Hard News: berita yang memiliki nilai lebih dari segi aktualitas dan kepentingan / sangat penting segera diketahui pembaca. Mengandung informasi peristiwa khusus (special event) yang terjadi secara tiba-tiba. 
    • Soft News, nilai beritanya di bawah Hard News dan lebih merupakan berita pendukung. Contohnya: Posko Bantuan Bencana Tsunami Aceh segera dibangun
  2. Depth News: berita mendalam, dikembangkan dengan pendalaman hal-hal yang ada di bawah suatu permukaan.
  3. Investigation News: berita yang dikembangkan berdasarkan penelitian/penyelidikan dari berbagai sumber.
  4. Interpretative News: berita yang dikembangkan dengan pendapat/penelitian penulisnya/reporter.
  5. Opinion News: berita mengenai pendapat seseorang, biasanya pendapat para cendekiawan, ahli, sarjana, atau pejabat, mengenai suatu hal/peristiwa,.
Itulah pembagian rinci mengenai jenis-jenis berita dan macam-macam nya. Semoga contoh yang Yuksinau.com berikan membuat kamu lebih mudah dalam memahami.

Referensi:
https://sepherdmaulana.wordpress.com/pers-indonesia/jenis-dan-macam-berita/

Share this:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments