Pengertian dan Contoh SINGKAT Dialog Interaktif

Pengertian dan Contoh SINGKAT Dialog Interaktif

Sering kali kita melihat acara di televisi yang membahas mengenai topik tertentu dengan menghadirkan sumber yang ahli dalam bidang tersebut. Tahukah kamu bahwa mereka sedang melakukan dialog interaktif?. Mari pahami lebih dalam dengan contoh singkat di tv.

Pengertian Dialog Interaktif

Dialog Interaktif adalah kegiatan berdiskusi yang membahas sebuah topik yang sedang banyak diperbincangkan, menghadirkan orang yang ahli (pakar) dalam topik tersebut sebagai narasumber.
Biasanya dialog interaktif dilakukan di televisi, radio, maupun forum umum, sekaligus melibatkan para pendengar untuk menanggapi isi pembicaraan dialog yang sedang dibahas.

Fungsi dilakukannya dialog interaktif untuk membahas suatu masalah dengan tujuan mendapatkan jalan keluar atau solusi dari masalah yang dibahas.
Pelajari juga: Penjelasan Teks Rekaman Percobaan dan 2 Contohnya

Manfaat yang bisa kita dapat setelah ikut mendengarkan/terlibat dalam dialog interaktif yaitu kita tidak akan ketinggalan informasi terkini tentang berbagai hal maupun masalah yang sedang hangat dibicarakan di masyarakat.
Adapun hal yang mesti diperhatikan saat ikut menyimak dialog interaktif, berikut ini:
  • Tema Dialog: kita harus tahu topik apa yang sedang dibahas.
  • Narasumber: narasumber yang kita tahu harus memang benar-benar ahlinya.
  • Pendapat Narasumber: kita harus memperhatikan pendapat narasumber, perhatikan apakah pendapat narasumber didukung fakta.
  • Kesimpulan Dialog: hal-hal penting yang ada dalam dialog interaktif tersebut.
Jika kamu ingin memberi komentar, kamu perlu memperhatikan:
  • Komentar yang diberikan bersifat objektif (tidak memihak)
  • Harus disertai fakta yang meyakinkan serta akurat
  • Berisi alasan yang logis.

Contoh Singkat Dialog Interaktif

Berikut ini contoh singkat dialog interaktif di televisi:

Nama Acara : Dr. Oz Indonesia Stasiun Tv : Trans TV
Waktu : Pukul 15.00, Sabtu 08-07-2015
Pembawa Acara : Dr. Riyan Thamrin
Narasumber : Dr. Riyan Thamrin
Topik : Cara Menghilangkan Jerawat
Pembahasan: Salah satu penonton bertanya kepada dokter Riyan Thamrin:

Lusie: Saya mau nanya nih Dok, bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat tanpa mengeluarkan biaya banyak, dok?

Dr. Riyan: Iya Bu Lusie, hari ini kita akan memberikan penjelasan bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami. Kita beritahu dulu, jerawat merupakan hal yang sudah biasa terjadi pada remaja yang memasuki masa purbertas, biasanya jerawat sangat mengganggu. 

Lusie: Apakah kita boleh memencet jerawat, dok?

Dr. Riyan: Kita tidak boleh memencet jerawat. Karena itu akan memberikan luka yang fatal dalam wajah. Kemudian akan muncul bekas bekas jerawat yang nantinya akan lebih susah lagi disembuhkan.

Lusie: Lalu bagaimana caranya dok agar jerawat kita hilang?

Dr. Riyan: Ya, kita akan memberikan penjelasan bagaimana cara menghilangkan jerawat. 

Dr. Riyan: Tahukah anda bahwa jerawat itu bisa dihilangkan dengan Es Batu? Es batu merupakan salah satu obat herbal yang bisa menghilangkan jerawat di wajah yang membandel.

Caranya:
  1. Ambil Es Batu yang bersih secukupnya 
  2. Bungkus dengan sepotong kain bersih.
  3. Letakkan pada jerawat yang membandel.
  4. Tunggu berapa menit dan lakukan kembali proses tersebut.
  5. Lakukan secara rutin hingga kempis.
Dr. Riyan: Ya! Begitulah caranya agar jerawat kalian mengempis. Karena es batu akan mengurangi peradangan dan pembengkakan yang disebabkan jerawat tersebut. Semoga pembahasan ini bermanfaat.

Kesimpulan: Es batu selain digunakan untuk membuat minuman es (dingin) bisa juga digunakan untuk menghilangkan jerawat. Cara yang mudah dan tidak memerlukan banyak biaya maka jerawat yang mengganggu semoga hilang.

Yuksinau.com harap semoga dengan menyertakan contoh singkat dialog interaktif di tv membuat pemahaman mengenai topik ini semakin jelas. InsyaAllah akan kami tambahkan contoh dialog interaktif lain di artikel berikutnya.

Referensi:
http://www.berpendidikan.com/2015/05/pengertian-dialog-interaktif-dilengkapi-contohnya.html http://kokohnaxnetig.blogspot.co.id/2015/08/contoh-dialog-interaktif-di-televisi.html 
http://www.materikelas.com/2015/12/dialog-interaktif-pengertian-dan-contoh.html

Share this:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments