Teks Tanggapan Kritis (LENGKAP): Pengertian, Ciri, Struktur, Contoh

Teks Tanggapan Kritis (LENGKAP): Pengertian, Ciri, Struktur, Contoh

Suatu teks yang berisi tentang berbagai tanggapan yang datang dari berbagai pihak, itulah teks tanggapan kritis. Teks ini mudah dibedakan karena hanya mempunyai 3 struktur dan ciri-ciri yang sangat jelas.

Pengertian Teks Tanggapan Kritis

Teks Tanggapan Kritis adalah teks yang berisi kritik pedas terhadap suatu hal mengenai kesalahan. Contoh biasanya terjadi ketika debat, si A memberi kritik kepada si B dikarenakan apa yang disampaikan B kurang pas.
Sehingga hal ini kita bisa menyebutnya juga dengan menganalisa suatu pendapat. Setiap tanggapan yang diberikan harus mempunyai alasan, dan manfaatnya membuat orang yang di tanggap semakin lebih baik.

Tujuan teks tanggapan kritis yaitu untuk memilih salah satu pernyataan, karena pada teks tanggapan kritis berisi alasan yang mendukung dan yang menolak.

Ciri-ciri Teks Tanggapan Kritis

Ciri-ciri yang dimiliki teks tanggapan kritis sangat khusus, karena pasti di dalamnya terhadap tanggapan-tanggapan berbeda. Ciri-cirinya:
  • Teks ini memuat tanggapan terhadap fenomena yang terjadi di sekitar (disertai fakta dan alasan).
  • Struktur terdiri dari Evaluasi, Deskripsi Teks, dan Penegasan Ulang.
  • Kaidah kebahasaan dengan ciri terdapat kata rujukan.

Struktur Teks Tanggapan Kritits

Seperti yang ada pada ciri-ciri teks tanggapan kritis, teks ini disusun oleh 3 elemen yaitu:
  1. Evaluasi: berisi pernyataan umum mengenai suatu yang akan disampaikan. 
  2. Deskripsi Teks: bagian isi teks tanggapan kritis, memuat informasi tentang data-data dan pendapat-pendapat yang mendukung pernyataan atau melemahkan pernyataan. 
  3. Penegasan Ulang: bagian terakhir teks, berisi penegasan ulang mengenai suatu yang sudah dilakukan atau diputuskan.

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

Ciri kebahasaan yang biasa dipakai dalam teks tanggapan kritis diantaranya:
  1. Kalimat kompleks: kalimat yang memiliki lebih dari 2 struktur dan 2 verba.
  2. Konjungsi: kata penghubung yang menghubungkan setiap kata dan struktur.
  3. Kata Rujukan: sesuatu yang digunakan oleh penulis untuk memperkuat pernyataan dengan tegas. Dikenal juga dengan sebutan referensi.
  4. Pilihan Kata: pemilihan kata yang sesuai dalam penggunaan sekaligus pembuatan teks tanggapan kritis.

Contoh Teks Tanggapan Kritis dan Strukturnya

Judul Teks: Smartphone

Orientasi
        Smartphone adalah sebuah alat komunikasi yang canggih. Alat ini tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi,tetapi juga digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan, aktivitas,dan lain-lain.

Evaluasi
         Canggihnya smartphone membuat para remaja juga turut adil untuk menggunakannya. Menurut mereka smartphone adalah kehidupan mereka. Alat canggih ini sudah seakan-akan tidak bisa hilang dari kehidupan mereka.

Tafsiran
          Namun,banyak orang tua yang tidak setuju anaknya menggunakan smartphone. Dengan alasan,smartphone belum terlalu penting bagi anak remajanya. Juga, smartphone dianggap membawa dampak negatif bagi remaja karena smartphone bisa digunakan untuk melihat situs-situs dewasa.

Ada juga orang tua yang setuju anaknya menggunakan smartphone dengan smartphone bisa digunakan untuk mengakses aplikasi atau web yang berbau pembelajaran seperti Yuksinau.com. Dampak positif lainnya smartphone bisa digunakan untuk mencari teman-teman lama dan berkomunikasi jarak jauh.

Semoga materi pengertian teks tanggapan kritis dan contoh singkat beserta dengan strukturnya membuat pemahaman kamu lebih kuat. Tentunya juga kamu sudah bisa membedakan teks tanggapan kritis dengan ciri-cirinya.

Referensi:
http://www.materikelas.com/2015/12/teks-tanggapan-kritis-pengertian-ciri.html
https://smpntebo3.blogspot.co.id/2015/11/contoh-teks-tanggapan-kritis-dan.html

Share this:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments