Cara PRAKTIS Dalam Meresensi Buku

Cara PRAKTIS Dalam Meresensi Buku

Setelah sebelumnya kami membahas mengenai resensi secara lengkap yang meliputi pengertian, unsur, jenis, tujuan, dan manfaatnya. Seperti mie goreng tanpa bumbu (tidak lengkap) kalau tidak membagikan juga cara praktis dalam meresensi buku.

Cara PRAKTIS Dalam Meresensi Buku

Kamu bisa menerapkan cara-cara berikut dalam membuat sebuah resensi buku:

1. Melakukan penjajakan atau pengenalan buku yang diresensi, meliputi:
  • Tema buku yang diresensi, serta deskripsi buku.
  • Siapa penerbit buku, kapan dan di mana diterbitkan, tebal (jumlah bab dan halaman), format dan harga.
  • Siapa pengarangnya: nama, latar belakang pendidikan, reputasi dan presentasi buku atau karya apa saja yang ditulis sampai alasan mengapa ia menulis buku itu.
  • Penggolongan atau bidang kajian buku itu: ekonomi, teknik, filsafat, bahasa, psikologi, sosiologi, sastra, politik, pendidikan, atau lainnya.
2. Membaca buku secara keseluruhan dengan cermat dan teliti sebelum diresensi. Peta permasalahan di buku tersebut harus dipahami dengan tepat dan akurat.

Baca juga: RESENSI: Pengertian, Unsur, Jenis, Tujuan, Manfaat

3. Menandai bagian-bagian buku yang perlu perhatian khusus dan menentukan bagian-bagian yang akan dikutip sebagai data acuan.

4. Membuat sinopsis / intisari dari buku yang akan diresensi.

5. Menentukan sikap / penilaian terhadap hal-hal berikut ini:
  • Organisasi atau kerangka penulisan; bagaimana hubungan antar bagian satu dengan bagian lain, bagaimana sistematika, dan dinamika nya.
  • Isi pernyataan; bagaimana bobot ide nya, seberapa kuat analisa nya, kelengkapan penyajian data, dan kreativitas pemikiran nya.
  • Bahasa; bagaimana ejaan yang disempurnakan diterapkan serta penggunaan kalimat dan ketepatan pilihan kata di dalamnya, khususnya untuk buku ilmiah.
  • Aspek teknis; bagaimana tata letak, bagaimana tata wajah, bagaimana kerapian dan kebersihan, dan kualitas cetakannya (apakah ada banyak salah cetak).
  • Sebelum melakukan penilaian, alangkah baiknya jika terlebih dahulu membuat semacam garis besar (outline) dari resensi itu. Karena akan sangat membantu ketika kita menulis.
6. Melakukan koreksi dan merevisi hasil resensi dengan menggunakan dasar- dasar dan kriteria-kriteria yang telah dientukan sebelumnya.

Bahan dikutip dari sumber:
Judul Buku : Dasar-dasar Meresensi Buku
Penulis : DR. A.M. Slamet Soewandi
Penerbit : PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta Tahun : 1997
Halaman : 6 - 7

Sumber:
http://pelitaku.sabda.org/langkah_langkah_meresensi_buku
NP: Dengan sedikit perubahan

Share this:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments