Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan dan Struktur

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan dan Struktur

Sebelum masuk ke pembahasan khusus mengenai contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan dan tanaman, kita ketahui struktur penyusun teks ini terlebih dahulu sehingga kita bisa menganalisa lebih lanjut.

Ada 2 struktur besar yang menyusun teks laporan hasil observasi yaitu:
  1. Pernyataan umum (klasifikasi) adalah pembuka atau pengantar mengenai hal yang dilaporkan. Di tahap ini akan disampaikan bahwa benda-benda di dunia bisa diklasifikasikan berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan.
  2. Anggota/aspek yang dilaporkan adalah bahasan atau rincian tentang objek yang diamati.
Sedangkan struktur lain dari teks ini berupa:
  1. Definisi Umum adalah pembukaan yang berisi pengertian mengenai sesuatu yang dibahas di dalam teks.
  2. Definisi Bagian adalah bagian yang berisi ide pokok dari setiap paragraf (penjelasan rinci).
  3. Definisi Manfaat adalah bagian yang menjelaskan manfaat dari sesuatu yang dilaporkan
  4. Penutup adalah bagian rincian akhir dari teks.
Tanaman yang akan kita laporkan yaitu bunga anggrek, lidah buaya, kelapa, dan rumput. Sebenarnya pada artikel sebelumnya kami juga pernah memberikan contoh laporan hasil observasi hewan yang bisa kamu pelajari.

Contoh Teks Laporan Observasi Kelapa

Definisi Umum
Pohon kelapa (Cocos nucifera) atau disebut juga pohon nyiur merupakan tumbuhan palem yang berbatang tinggi, tingginya bisa mencapai 3 meter. Buahnya tertutup sabut dan tempurung keras, dalamnya terdapat daging yang mengandung santan dan air. Kelapa adalah sebutan dari nama buah yang yang dihasilkan tumbuhan inin.

Kelapa menjadi tumbuhan serba guna karena dimanfaatkan semua bagiannya oleh manusia,  karena banyak manfaatnya maka tunas kelapa dijadikan sebagai lambang pramuka di Indonesia. Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, namun sekarang sudah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.

Definisi Bagian
Bagian-bagian dari tumbuhan ini adalah buah kelapa, batang, pelepah dan akar. Buah kelapa terdiri dari kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging, daging buah, air kelapa dan lembaga. Pohon kelapa atau pohon nyiur banyak terdapat di bagian tepi pantai.

Definisi Manfaat
Berdasarkan penelitian yang ada, kelapa diyakini bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit seperti TBC, luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera. Selain itu, buah kelapa bagus untuk mengobati keracunan, karena buah ini dapat menetralkan racun didalam tubuh kita dan dapat dijadikan sebagai makanan atau minuman.

Definisi Penutup
Para dokter gigi juga meyakini bahwa kelapa bisa mencegah gigi berlubang. Sedangkan, batang pohonnya sangat bermanfaat untuk pembuatan janur, pembungkus ketupat dan masih banyak lagi.

Contoh Laporan Hasil Observasi Rumput

Pernyataan Umum
Rumput adalah tumbuhan monokotil yang mempunyai daun berbentuk sempit meruncing yang tumbuh dari dasar batang, rumput berasal dari keluarga poacae.

Daun rumput yang biasa ada di pekarangan rumah kita panjangnya antara 5 – 10 cm dan tumbuhnya tidak beraturan dan sulit di kontrol pertumbuhannya.

Beberapa contoh rumput yang biasa ditanam di Indonesia antara lain rumput manila, rumput teki, rumput kucai, rumput jepang, rumput gajah mini, rumput peking, dan rumput ilalang.

Anggota/aspek yang dilaporkan
Rumput seringkali ditanam sebagai tanaman hias, tanaman obat, dan pakan ternak. Di Indonesia rumput banyak digunakan sebagai pakan untuk hewan ternak seperti sapi, kambing, dan kerbau.

Rumput juga bisa ditanam untuk membuat lanskap taman dan berfungsi sebagai karpet taman, warna daunnya yang hijau bisa menarik perhatian dan dapat menyejukkan mata orang yang melihat.

Rumput yang tumbuh di tanah yang lapang pertumbuhannya dibiarkan liar karena bisa dimanfaatkan peternak untuk melepas hewan ternaknya.

Namun di sisi lain rumput yang tumbuh di lahan pertanian bersifat mengganggu pertumbuhan tanaman sehingga sering disebut sebagai tanaman pengganggu (gulma).

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Lidah Buaya

Pernyataan Umum
Lidah Buaya memiliki nama latin Aloe Vera atau Aloe Barbadensis Millear. Lidah buaya merupakan 1 dari 10 tipe tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dapat dikembangkan sebagai tanaman obat dan juga bahan baku industri.

Anggota/aspek yang dilaporkan
Lidah buaya dapat hidup di tempat yang mempunyai suhu panas atau biasa ditanam di pot ataupun di pekarangan rumah untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Lidah buaya mempunyai daun agak runcing berupa taji, tidak tipis, getas, pinggirnya bergerigi, permukaannya berbintik-bintik, panjangnya 15-36 cm, lebarnya 2-6 cm.

Lidah buaya dikenal sebagai tumbuhan yang kaya akan kandungan vitamin nya (kecuali vitamin D). lidah buaya dimanfaatkan untuk menyembuhkan beberapa penyakit yaitu obat cacing, amandel, sakit mata, keseleo, luka bakar, bisul, luka, bernanah, serta jerawat. Lidah buaya pun berguna untuk menebalkan dan menghitamkan rambut.

Contoh Teks Laporan Observasi Bunga Anggrek Bulan

Definisi Umum
Anggrek Bulan atau Phalaenopsis ambilis adalah tanaman indah masuk dalam salah satu suku tumbuhan berbunga terbanyak yang juga ditetapkan sebagai puspa pesona Indonesia yang berasal dari Genus Phalaenopsis.

Definisi Bagian
Anggrek Bulan merupakan jenis Anggrek Ochidaceae yang mempunyai ciri khas kelopak bunga yang lebar. Anggrek Bulan berasal dari Asia Tenggara dan dapat ditemukan diseluruh dunia kecuali di Benua Antartika. Anggrek Bulan pertama ditemukan di Maluku, dan termasuk tumbuhan Epifit.

Definisi Manfaat
Anggrek Bulan banyak dimanfaatkan untuk tanaman hias karena keindahannya. Anggrek mudah dirawat dibandingkan dengan jenis bunga lain, seperti dahlia, melati, mawar, dan sebagainya. Anggrek Bulan salah satunya yang dapat hidup/tumbuh hanya dengan digantungkan, sehingga tidak banyak membutuhkan ruangan.

Definisi Penutup
Cara budidaya Anggrek Bulan termasuk mudah, hanya dengan menyetek atau penyebaran biji. Media yang digunakan dapat berupa arang kayu, serabut kelapa, atau potongan batang pohon/genting/batu bata.

Sekian dari Yuksinau.com mengenai contoh laporan hasil observasi tumbuhan, jika ada yang salah dalam penempatan struktur, kami harap kamu bisa memberitahu melalui komentar atau kontak yang tersedia di blog kami, terimakasih.

Sumber:
http://xmia7smada.blogspot.co.id/

Share this:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments